Translate

Jumat, 17 Mei 2013

Suster Wajah Kudus

 Roh Kudus adalah api yang Menerangi

Terpujilah Tuhan bagi saudara api, karena melaluinya engkau menerangi malam, dia begitu indah dan kuat" kata Santus Fransiskus dalam Kidungnya.
Sekarang kita semua berada disekeliling api yang adalah tanda kehidupan dan kematian, kita juga diajak untuk memanggilnya saudara  dan memohonnya untuk berbicara tentang Allah, untuk menjadi suara dari Roh Allah.

Saudara Api, jadilah kehangatan rangkulan Allah, karena kami telah menjadi dingin karena badai hidup.
Jadilah kehangatan hasrat hati kami, karena api, engkaulah kehangatan yang melawan kedinginan, sehingga kami bisa mencintai dan hidup menurut hati Allah.

Saudara Api, engkaulah terang di malam hari, jadilah terang dalam keraguan iman, terangilah jalan menuju Tuhan Yesus; lenyapkanlah bayang-bayang kekacauan, kedangkalan, kegelapan dimana kami….Allah yang bersahabat menjadi Allah yang menghakimi dan jauh.




Terpujilah Tuhan bagi saudara api, karena melaluinya engkau menerangi malam, dia begitu indah dan kuat" kata Santus Fransiskus dalam Kidungnya.

Saudara Api, engkau yang selalu berbeda dan selalu sama, himpunlah keluarga dan komunitas kami. Ajarilah kami untuk menjadikan perbedaan sebagai tanda persatuan, kekayaan hidup yang melimpah.

 Terpujilah Allah Bapa yang Mahakuasa: pada mulanya Engkau menciptakan terang dan menerangi manusia yang kauciptakan menurut gambaran-Mu binar cinta-Mu dan dengan tiang api engkau menuntun umat-Mu yang mengembara di padang gurun menuju tanah terjanji; dalam kepenuhan waktu engkau mengutus Putra-Mu untuk membawa kepada kegelapan terang kebenaran dan kasih karunia dan setelah kenaikan-Nya yang mulia engkau mencurahkan Roh-Mu kepada Gereja yang baru lahir. Melalui api ini nyalakanlah di dalam hati kami api cinta kasih-Mu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.





Roh Kudus menjadikan kami saksi Kristus yang bangkit.






Injil Yohanes (20,19-23)
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!". Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu". Dan sesudah berkata demikian, Ia menghembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada".
 Kami mau supaya kamu tetap ingat bahwa dalam keadaan yang tidak terduga: Roh Kudus tidak meninggalkan Gereja, Dia tidak meninggalkan kepunyaan-Nya. Sama seperti dalam menghadapi perubahan hidup ini, pengaruh budaya, tantangan-tantangan dunia, masuknya kejahatan ke dalam jiwa kita, ke dalam iman kita, kita harus yakin bahwa Roh Kudus ada di dekat kita, di dalam diri kita dan berjaga-jaga atas kita". (Dari homili Paus Paulus VI).

 Roh Kudus memberi kita kekuatan untuk bersaksi, hal ini dinyatakan dalam keanekaragaman wajah, karisma dan pelayanan, dalam kesatuan Allah Tritunggal: Roh Kudus menyatukan dan mendamaikan perbedaan dan membedakannya dalam persekutuan dengan orang-orang yang didamaikan. Penerima Roh Kudus adalah orang yang menggerakkan dan menilai keanekaragaman tetapi membuat segala sesuatu berguna dalam membangun Tubuh Kristus yaitu Gereja

Memberikan kesaksian di bawah dorongan Roh…
  

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus ke atas kami suster-suster Wajah Kudus dan kuatkanlah kami dalam komitmen hidup kami yang utama…

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus dan bantulah kami untuk menjadikan Yesus sebagai pusat hidup dan pilihan kami…

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datang ya Roh Kudus dan jadikanlah kami semakin siap dalam menjawabi undangan Gereja dan tantangan masa kini…

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus
Datanglah ya Roh Kudus dan bangkitkanlah dalam diri kami iman yang kreatif yang menuntun kami kepada envangelisasi baru.

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus, bangkitkanlah dalam diri kami semangat keibuan agar lebih membuka dir

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus, jadikanlah  persaudaraan kami semakin kaya dengan saling menerima satu sama lain.

Datanglah ya Roh Kudus, nafas kehidupan, datanglah Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus ke atas kami sehingga kami mampu menjadi saksi-saksi cinta kasih Allah Tritunggal seperti Beta Maria Mastena


Doa Mohon Ketujuh Karunia Roh Kudus
oleh: St. Bonaventura
Kami mohon kepada Allah Bapa yang penuh belas-kasih melalui Engkau, Putra Tunggal-Nya yang menjadi musia demi keselamatan kami, yang disalibkan dan dimuliakan demi kami, agar mengirimkan kepada kami dari perbendaharaan harta karun surgawi ketujuh karunia Roh Kudus, yang menaungi Engkau dalam segala kepenuhan-Nya:
karunia kebijaksanaan, guna memampukan kami menikmati buah dari pohon kehidupan, yang adalah sungguh Engkau Sendiri;

karunia pengertian, guna mencerahkan akal budi kami;

karunia nasehat, guna memampukan kami mengikuti jejak langkah-Mu;

karunia keperkasaan, guna menghadapi serangan gencar musuh kami;

karunia pengenalan, guna membedakan yang baik dari yang jahat oleh terang pengajaran yang kudus;  

karunia kesalehan, guna menyelubungi kami dengan kemurahan dan belas kasihan;

karunia takut akan Allah, guna menjauhkan kami dari segala yang jahat dan tinggal damai dalam keterpesonaan akan kemuliaan-Mu yang abadi.

Itulah ya Tuhan permohonan kami. Sudi kabulkanlah demi kehormatan Nama-Mu yang kudus, bersama Bapa dan Roh Kudus, segala sembah sujud dan kemuliaan, puji-pujian, keagungan dan kuasa untuk selama-lamanya. 
Amin
 .

1 komentar:

  1. Datanglah dan turunkanlah atas kami karunia-karunia-Mu agar kami menjadi saksi cinta-Mu

    BalasHapus